Tuesday, January 17, 2012

10 KECERDASAN YANG HARUS ANDA KUASAI



1. Kecerdasan Intrapersonal
Kemampuan berkomunikasi dengan diri sendiri. Anda mengenal dan mampu menilai diri sendiri. Anda tahu kekurangan dan kesalahan diri sendiri. Sehingga Anda tahu akan kemana dan berbuat apa untuk diri Anda sendiri. Dalam Islam biasa dilakukan ketika Muhasabah, berdoa dan dzikir.

2. Kecerdasan Interpersonal
Kemampuan berkomunikasi dengan orang lain. Anda mampu menciptakan komunikasi yang menyenangkan dengan orang lain.

3. Kecerdasan Natural
Kemampuan menyelaraskan diri dengan alam. Kehadiran Anda dapat diterima dengan senang oleh orang-orang sekitar Anda termasuk anak kecil, hewan dan tumbuhan. Anda bisa masuk dan bergabung dimanapun.

4. Kecerdasan Kinetik
Kemampuan menggerakan tubuh/komunikasi nonverbal. Anda bisa menggunakan tubuh anda untuk berkomunikasi dengan orang lain. Anda bisa bersikap sesuai pada tempat dan waktu yang tepat. Anda tahu kapan Anda tersenyum, kapan Anda harus diam, dan kapan Anda harus berekpresi.

5. Kecerdasan Musikal
Kemampuan berhubungan dengan berbagai irama. Anda bisa menerima dan menjadikan perbedaan yang ada sebagai sesuatu yang indah. Seperti seorang musisi yang bisa menciptakan lagu enak dari menggabungkan berbagai not dan tempo.

6. Kecerdasan Spasial
Kemampuan mengonsep sesuatu. Misalnya membuat Dream Maping. Mampu memetakan berbagai masalah sehingga mudah menyelesaikannya secara konseptual.

7. Kecerdasan Logikal
Kemampuan menalarkan sesuatu.

8. Kecerdasan Linguistik
Kemampuan membahasakan seuatu. Menyampaikan apa yang ada dalam pikiran dengan cara yang bisa diterima orang lain.

9. Kecerdasan Spiritual
Kemampuan menghubungkan segala sesuatu dengan nila-nilai religius.

10. Kecerdasan Action
Kemampuan dalam melakukan apa yang disampaikan. Kecerdasan dan ketepatan dalam bertindak ketika merespon suatu masalah. Keberanian dalam memutuskan dan mengetahui resiko yang akan dihadapi.

=========
*Catatan kuliah Public Speaking with Tubagus Wahyudi

sumber ; penulisbukuhowto.wordpress.com

0 comments:

Post a Comment