Sunday, February 13, 2011

Berinternet Sehat




Sapa yang tidak kenal internet di jaman sekarang? Internet jaman sekarang bagaikan makanan. menjadi sebuah kebutuhan sehari-hari, bukan hanya menjadi suatu kewajiban.
Tapi tahukah anda, bahwa banyak diantara kita yang tidak pernah menggunakan internet secara bijak bahkan menjadi korban dari penggunaan internet. Ya diantara kita bukan menjadi raja atas komsumsi internet tapi menjadi budak dari sebuah addicted dari komsumsi ngenet.
Ya, secara tanpa sadar, kita telah memperbudak diri pada "thagut" baru bernama internet.
Maka, dari itu hendaknya kita semua perlu menggunakan langkah2 yang biasanya dikenal dengan istilah internet sehat.
Langkah - langkah itu antara lain :
1. Sebelum memulai untuk bersurfing di internet (di rumah atau di warnet atau di kantor), ingatlah apa-apa yang hendak dikerjakan di internet. Tentukan berapa jam anda ingin main, dan situs mana yang harus anda buka. Ingat, internet itu adalah candu bagaikan rokok. anda akan terbengong-bengong di depan layar PC karena anda menyukai keindahan internet.
2. Jangan pernah membuka situs-situs yang aneh-aneh. Selain baik utk kesehatan fisik, mental,rohani juga tidak membahayakan komputer anda (jika main di rumah), karena biasanya situs yang aneh-aneh mengandung banyak virus berbahaya.
3. Usahakan menginstall software yang mampu memfilter situs-situs aneh (direkomendasikan utk para orang tua yang komputernya dipakai oeh si buah hati)
4. Jangan mudah percaya pada orang-orang di dunia maya(tidak percaya bukan berarti curiga tapi waspada). Alangkah baiknya jika data2 pribadi anda tidak pernah ditayangkan di dunia maya.
Mungkin itu saya tips2nya, bisa juga ada tips2 lain.
Mari kita budayakan berinternet sehat mulai dari diri sendiri, lingkungan sendiri dan kemudian menyebar ke orang lain.

0 comments:

Post a Comment